Beranda HEADLINE Bekasi Disruptive: Penggabungan Seni Budaya dan Teknologi

Bekasi Disruptive: Penggabungan Seni Budaya dan Teknologi

136
BERBAGI

Foto: Doc. David Darmawan

DKI.KABARDAERAH.COM – Untuk menjawab tantangan pelestarian budaya Betawi di Bekasi dan berperan sertanya suku Betawi dalam kemajuan teknologi, maka organisasi Betawi [email protected] menyelenggarakan Bekasi Disruptive Weekend beberapa waktu lalu pada tanggal 23-25 Februari 2018, bertempat di Gedung Juang, Jl. Raya Tambun, Bekasi.

“Kegiatan tersebut merupakan suatu acara inovatif yang menggabungkan seni budaya dan teknologi. Mengapa disebut disruptive? Disruptive disini berarti membuat gebrakan inovasi terhadap inovasi yang telah ada,” ujar David Darmawan, Ketua Umum Betawi [email protected], saat dikonfirmasi kabardaerah.com melalui telepon seluler di Jakarta, Selasa (27/2).

Dalam acara Bekasi Disruptive Weekend, David menjelaskan, membuat acara yang berbeda dari acara sejenis yang mengangkat Budaya Betawi.

“Disana, kami menampilkan seni budaya tradisional yang dikemas secara modern, dengan memanfaatkan teknologi,” katanya.

David melanjutkan, beberapa kegiatan yang diselenggarakan pada acara tersebut adalah: Festival Silat Nusantara, Atraksi Maen Pukul Betawi, Parade Ondel-Ondel, Youth Innovation Festival, Lomba Fashion Show Hijab, beberapa kesenian Betawi Bekasi lainnya, serta tak ketinggalan adalah kompetisi Betawi Startup Weekend.

“Startup Betawi yang akan dikembangkan ini akan memadukan e-Commerce dan Fintech, serta akan bekerjasama dengan banyak UMKM Betawi. Ini akan mempromosikan produk-produk dari UMKM tersebut, serta bekerjasama dengan perusahaan manajemen investasi dan sekuritas,” papar David.

Dalam acara itu juga akan dideklarasikan pembentukan BMT (Baitul Maal Wattamwil) yang merupakan Koperasi Simpan Pinjam Syariah Betawi Bekasi [email protected] Amanah.

Dalam acara itu pula, David menambahkan, Panitia menggandeng IDX Incubator yang mendemonstrasikan 3 Startup mereka.

“PT. Telkom yang memfasilitasi free internet selama acara berlangsung, dan PT. Socentix sebagai sponsor kegiatan. Dan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dalam rangkaian Startup Weekend Betawi,” pungkas putra Betawi ini.

Penulis: Zulfahmi Siregar (Kris Rahmatiasina)