Beranda HEADLINE Marinir Mulai Serbu Merak dan Bakauheuni

Marinir Mulai Serbu Merak dan Bakauheuni

36
BERBAGI

Foto: Istimewa

DKI.KABARDAERAH.COM – Merak dan Bakauheni mulai diserbu Marinir. Ratusan Marinir mulai berangsur-angsur memadati dua wilayah tersebut. Di Merak tepatnya di Pantai Pulorida Merak Banten sudah mulai ada aktivitas. Para prajurit Marinir dengan berbagai macam peralatannya mulai menduduki dan membangun tenda-tenda.

Begitu pula di Dermaga Bandar Bakau Jaya Bakauheni Lampung. Hilir mudik kendaraan truk Marinir nampak menurunkan barang-barang. Suasana terlihat beda dari hari-hari sebelumnya. Spanduk dan banner “woro-woro” pun sudah terpampang nyata di tempat-tempat publik. Warga sekitar pun mulai membantu “serbuan” tersebut, Rabu (21/2).

Personel-personel Marinir dari satuan-satuan yang tersebar di seantero negeri pun sudah siap untuk dan beringsut menuju ke “medan tempur”. Personel Marinir dari Pasmar-1 Surabaya dengan menumpang KRI Doktor Soeharso (SHS-990) telah siap dengan segala macam peralatannya. Begitu pula dari Marinir yang berada di Belawan yakni Yonmarhanlan-I Belawan telah diberangkatkan. Satuan-satuan Marinir lainnya pun sudah mengirimkan pasukannya.

“Mereka akan “bertarung” untuk menaklukan Selat Sunda. Para prajurit petarung yang mempunyai semboyan “Jalesu Bhumyamcha Jaya Mahe” ini akan mengadu kemampuan renang dan dayung melintasi Selat Sunda. Mereka akan menyebrangi Selat Sunda pada tanggal 2 Maret 2018 malam hari dengan “start” dari Dermaga Bandar Bakau Jaya Bakauheni Lampung dan “finish” di Pantai Pulorida Tanjung Sekong Merak Banten pada 3 Maret 2018,” ujar Kadispen Kormar Letkol Marinir Ali Sumbogo.

Letkol Ali Sumbogo menambahkan, “Saat ini sudah terdaftar peserta Renang ada 49 Tim dengan jumlah 251 atlet, untuk Dayung ada 52 Tim dengan 416 atlet. Dengan perincian Jajaran Korps Marinir Renang ada 46 Tim dengan 237 atlet dan Dayung 49 Tim dengan 392 Atlet. Kemudian, Instansi Militer diluar Korps Marinir Renang 1 Tim dengan 5 atlet. Sementara untuk dayung masih nihil. Sementara dari Instansi Sipil atau Klub untuk Renang ada 2 Tim plus 2 Individu dengan 9 atlet. Dayung dari sipil sudah mendaftar 2 Tim dengan 16 atlet. Jumlah ini mungkin bisa bertambah,” jelasnya.

Panitia terus berkonsulidasi untuk mempersiapkan Even ini. Tim SAR dan Kemarkasan sudah melaksanakan penyiapan dari awal. Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menguji kemampuan prajurit Marinir dalam berenang dan berdayung yang memang merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh prajurit Marinir.

“Untuk keamanan Tim SAR selain menggunakan Sea Rider, Perahu Karet dan KRI juga akan ada Helikopter untuk pemantauan dari udara,” pungkas Letkol Ali Sumbogo.

Penulis: Zulfahmi Siregar